wisata

Museum Ullen Sentalu : Menampilkan Khazanah Budaya Tradisional dan Bangsawan Terbaik Se-Indonesia

 

Wacana mengunjungi museum adalah wacana membuka pikiran seluas-luasnya untuk menerima informasi dan ilmu baru. Salah satu museum di Yogyakarta, Museum Ullen Sentalu, merupakan sebuah destinasi wajib bagi para pecinta museum.Bagaimana tidak, museum ini telah mendapatkan banyak apresiasi super positif dari media internasional. National Geographic menyebutnya sebagai “Museum Terbaik di Indonesia”, Tripadvisor memasukkan nama Ullen Sentalu dalam daftar “10 Museum Teratas”, dan media LonelyPlanet mendeskripsikannya sebagai “Surprise Find” (Temuan yang Mengejutkan).

Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu terletak di Pakem, Kaliurang, Sleman, Yogyakarta. Museum ini berfokus pada presentasi kehidupan para bangsawan Dinasti Mataram dan kebudayaan mereka. Dinasti Mataram terdiri dari Kasultanan Yogyakarta, Kadipaten Pakualaman, Kasunanan Surakarta, dan Praja Mangkunegaran. Museum ini juga merupakan rumah dari beragam koleksi batik gaya Yogyakarta dan Surakarta.

Museum Ullen Sentalu didesain oleh seorang arsitektur Museum of Modern Art bernama Yoshio Taniguchi. Museum ini dirancang dengan memperhatikan unsur simbol budaya Mataram Kuno. Oleh karena itu, digunakanlah batu andesit sebagai desain interior tata ruangan pameran tetap. Beberapa bagian museum dirancang seperti bangunan candi.

Museum Ullen Sentalu jogja

Nama Ullen Sentalu berasal dari singkatan dalam bahasa Jawa “Ulating bLENcong Sejatine Tataraning Lumaku”. Ungkapan tersebut berarti “Nyala lampu blencong merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan”. Orang Jawa mempunyai filsafat bahwa blencong – lampu minyak dalam pertunjukan wayang kulit –sebagai cahaya yang selalu bergerak; mengarahkan dan menerangi perjalanan hidup insan manusia.

Ullen Sentalu mempunyai tiga macam koleksi; koleksi narasi, koleksi tetap, dan galeri. Koleksi narasi sebenarnya adalah karya lukisan yang dipamerkan untuk mengapresiasi kontennya. Kemudian, pemandu memberikan informasi secara verbal mengenai isi dan maksud dari lukisan-lukisan tersebut. Di Ullen Sentalu, koleksi naratif lukisan itu termasuk dalam kategori Conceptual and Imaginary Narrative Painting, disingkat Narrative Painting.

pintuk keluar Museum Ullen Sentalu

Koleksi jenis kedua adalah koleksi tetap. Di Ullen Sentalu, koleksi tetap yang dimaksud adalah Tari Bedhaya Ketawang; mulai dari tariannya hingga apa pun yang digunakan untuk mementaskan tarian tersebut. Tari Bedhaya Ketawang adalah tarian yang dianggap sakral dan politis. Tarian ini diciptakan oleh Sultan Agung dan Kanjeng Ratu Kencanasari untuk dipertunjukan saat penobatan raja baru serta setiap tahun peringatan penobatan raja tersebut.

Koleksi ketiga adalah jenis galeri. Adapun yang dipamerkan adalah beragam jenis batik Surakarta dan Yogyakarta. Tiap-tiap motif batik ditulis namanya dan sejarah singkat mengenainya.

Sebagai pembeda dan pelepas kepenatan, Taman Kaswargan mampu menarik minat pengunjung dengan menampilkan karya local genuine manusia dengan keindahan alam. Taman ini dibangun selama 20 tahun sejak tahun 1985. Pembangunannya kerap terhenti karena aktivitas Gunung Merapi. Usai selesai dibangun, taman “surga” ini turut menyumbangkan keunikan Museum Ullen Sentalu. Jika Anda membutuhkan jasa rental mobil atau sewa mobil jogja saya rekomendasikan untuk menggunakan jasa rental mobil di https://docar.co.id/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s